KPUD DKI Klaim Surat Suara Pilkada Sulit Dipalsukan


[tajukindonesia.net]       -       Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno mengatakan surat suara bagi kepentingan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta bakal dilengkapi dengan sejumlah pengaman. Di antaranya mikro teks dan hologram, sebagai penanda surat suara tersebut asli.

"Untuk surat suara nanti ada pengamannya, akan ada mikro teksnya, itu yang asli," ujar Sumarno di Gedung KPU DKI, Rabu (11/1).

Selain itu, Sumarno juga memastikan desain surat suara dilakukan oleh penyelenggara. Namun saat ditanya lebih jauh, Sumarno enggan memaparkan. Alasannya, untuk menjaga hal-hal yang tak diinginkan.

Sementara itu dari surat suara yang dirilis KPU DKI, terlihat menggunakan warna dasar merah pada bagian atas dan putih pada bagian bawah. Berukuran panjang sekitar 30 centimeter dengan lebar 25 centimeter.

Di bagian tengah terlihat kotak utama berisi foto tiga pasangan calon, dengan mengenakan pakaian yang sehari-hari mereka kenakan selama masa kampanye. Seperti pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, terlihat mengenakan kaos hitam lengan panjang.

Sementara pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat mengenakan kemeja kotak-kotak merah hitam dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengenakan kemeja putih dengan peci hitam di kepala. [jppn]











Subscribe to receive free email updates: